Baca Berita

FORUM KONSULTASI PUBLIK KOTA DENPASAR 2019

Oleh : bagus | 08 Februari 2018 | Dibaca : 167 Pengunjung

Forum konsultasi public yang di selenggarakan pada hari kamis tanggal 8 Pebruari 2018 bertempat di Gedung sewaka dharma ruangan sewaka mahotama lantai III dibuka oleh Bapak Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Denpasar.

Diawali dengan laporan kepala bappeda sebagai ketua panitia, Tujuan dari Penyelenggaraan Acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Denpasar Tahun 2019 ini adalah untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan Daerah dari kelompok masyarakat yang memiliki kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis.

Sedangkan keluaran dari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini adalah sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Denpasar Tahun 2019 menjadi Rancangan RKPD.

Pada kesempatan forum ini bappeda juga menyampaikan tema dan 5 prioritas pembangunan daerah untuk tahun 2019. Tema pembangunan yaitu Meningkatkan Daya Saing Menuju Pembangunan Denpasar Berkelanjutan dan 5 prioritas pembangunan daerah yaitu :1)     Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kesehatan   dan Infrastruktur 2). Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia, 3). Peningkatan Peran Ekonomi Kreatif dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, 4). Menjaga stabilitas serta pelestarian dan pengembangan budaya untuk mendukung ekosistem kepariwisataan dan 5). Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang baik.

Arahan dan sambutan Walikota yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Denpasar mempunyai beberapa point penting yaitu menghimpun usulan dari masyarakat, organisasi masyarakat, dan akademisi untuk sebagai acauan oleh perangkat daerah terkait dalam penyususnan rancangan awal RKPD tahun 2019 sesuai dengan peraturan per undang undangan dan peraturan daerah yang berlaku.

Proses forum konsultasi publik ini di lanjutkan dengan pemaparan oleh bappada yang pada saat ini diwakili oleh kepala bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, yang di moderatori oleh kelompok ahli pembangunan daerahDrs. I Made Mudra, M.Si, setelah paparan terdapat sesi diskusi dan tanya jawab yang diharapkan dapat menhimpun masukkan dari masyarakat atau Lembaga masyarakat atau akademisi

Masukkan dari bapak rektor UNHI Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S. yaitu terdapat 10 program yang UNHI dapat berkontribusi untuk prioritas pembanguan daerah kota Denpasar, salah satunya yaitu berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu tugas dari universitas atau perguruan tinggi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dalam hal ini ikut meningkatkan kualitas Pendidikan dan juga peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Kemudian yang kedua terkait dengan penguatan budaya lokal bali dalam upaya membentengi intensitas budaya lokal dari dampak globalisasi dan heterogenitas masyarakat kota Denpasar. selain itu Ananda dari Forum Anak Daerah Kota Denpasar menyampaikan Perlunya penataan/rehabilitasi tempat bermain/fasilitas bermain ramah anak di taman Kota Lumintang dan Lapangan Puputan Made Agung karena sudah usang dan sudah tidak layak dengan catatan pembangunan harus disesuaikan dengan standar kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dengan dilengkapi fasilitas toilet, wastafel, lampu penerangan dan kantin sehat. Selain itu keamanan dari tempat bermain perlu ditambahkan Kamera CCTV. Salah satu untuk meningkatkan status kota layak anak kota Denpasar yaitu adanya jamboree di tingkat kelurahan dan juga adanya desa atau kelurahan layak anak.


Oleh : bagus | 08 Februari 2018 | Dibaca : 167 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
No Video.
Facebook
Twitter